PERTIMBANGAN MEMILIH BEASISWA S2 UNIVERSITAS PERTAHANAN

Beberapa yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk apply beasiswa pasca sarjana (S2) di Universitas Pertahanan.

             Saya akan mencoba menguraikan beberapa pertanyaan yang dulu saya tanyakan dan akhirnya saya mendapatkan jawabannya sendiri dengan ikut menjadi mahasiswa di Universitas Pertahanan tahun akademik 2016/2017. Sekiranya ada yang kurang berkenan dalam tulisan saya ini, anda dapat memberikan masukan positif ataupun kritik yang membangun agar tulsisan ini dapat lebih dirasakan manfaatnya.



Yang pertama, dulu saya bertanya-tanya. Beasiswa UNHAN mengapa masih sedikit informasi yang dipublikasi atau sekadar testimoni mengenai beasiswa S2 UNHAN ini ya??
          Dari awal saya mencari informasi beasiswa ini di beberapa postingan hanya terdapat 2 orang yang menuliskan tentang beasiswa ini baik memberikan informasi bagaimana trik-triknya agar diterima beasiswa ini maupun masalah umum lainnya. Sekarang saya merasakan sendiri betapa bingungnya meluangkan waktu untuk menulis secara bebas disaat saya sudah mulai kuliah. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dituntut secara ketat untuk segera menyelesaikan studinya tepat waktu sehingga bentuk penugasan yang beruntun dan tidak adanya jeda semesterpun menjadi hal yang harus diterima dan dimaklumi.

Yang kedua, beasiswa UNHAN ini full apa parsial ya? Jangan-jangan nanti saya harus nodong bapak ibu dirumah.
          Apa bila kalian mengikuti perkembangan beasiswa baik LPDP maupun beasiswa lain yang full funded, disana dicantumkan beberapa dukungan yang akan diberikan atau kita terima dengan jelas dan benar-benar dirasakan makna kata “fullfunded” tersebut. Beasiswa UNHAN memberikan beberapa dukungan dan fasilitas seperti pembebasan biaya kuliah selama menempuh studi, memperoleh uang saku bulanan, berhak menempati mess dengan fasilitas yang lengkap seperti kamar pribadi, TV, dispenser, Kulkas serta kamar mandi yang sangat layak sehingga tidak perlu memikirkan listrik, air mandi kalian hanya perlu mengisi galon air buat kalian minum di mess. Selain itu, mahasiswa diberikan dukungan uang untuk penelitian tesis, dukungan uang saku untuk KKDN dan KKLN, seragam yang beragam seperti olah raga, sepatu, baju menwa, baju bela negara , makan 3x sehari selama hari kerja (senin-jumat) dan fasilitas bus antar jemput dari mess menuju kampus.  

Yang ketiga, mungkin nggak ya, saya yang baru wisuda kemarin diterima beasiswa ini?
          Saya wisuda sekitar bulan Oktober 2016, dan pendaftaran beasiswa ini saya ketahui saat bulan Desember 2016 dan baru bisa apply dibulan februari 2017. Dipersyaratan memang dituliskan minimal telah bekerja selama 2 tahun, hal ini dikasudkan untuk membangun citra yang baik demi akreditasi yang baik karena memang syarat dari akreditasi kampus salah satunya adalah profil lulusannya sehingga diprioritaskan bagi yang telah ataupun masih bekerja. Di tahun saya, UNHAN kebetulan menyelenggarakan pendaftaran hingga 4 gelombang. Gelombang awal dilaksanakan seperti yang ada di form pendaftaran, gelombang duapun demikian dan saya termasuk gelombang tambahan atau gelombang khusus hasil saringan aplikan yang belum bekerja atau freshgraduate. Gelombang yang ketiga diaksanakan sekitar bulan Mei 2017, alasan mengapa dibuka gelombang ketiga mungkin pada waktu itu bersamaan dibukanya program studi baru yaitu di Fakultas Teknologi. Karena pada saat pendaftaran tidak disebutkan jurusannya, sehingga perlu dibuka pendaftaran untuk gelombang yang ketiga  agar ada mahasiswa yang mendaftar jurusan tersebut.

Yang keempat, setelah lulus dari kampus tersebut apakah ada prospek kerja yang selaras?
          Seperti beasiswa pada umumnya, beasiswa UNHAN tidak memberikan suatu ikatan atau prospek kerja bagi para alumninya. Ditahun saya sebagian besar mahasiswa yang diterima berasal dari umum (belum atau sudah bekerja lalu resign), beberapa berasal dari instansi atau PNS dan dari militer. Sehingga secara keseluruahan daya tampung beasiswa ini diisi oleh beberapa elemen. Saya masih menyimpan file mengenai kuota atau daftar nama yang lolos tahap akhir yang bisa di lihat disini.
Yang kelima, apakah saya nanti akan ikut cukur rambut cepang?
          Saya dari awal kurang begitu menghiraukan hal ini namun, ketika saya sudah masuk dilingkungan yang memang dikelola oleh orang-orang dari kemhan sedikit banyak saya juga harus mematuhi dan mengikuti budaya yang ada disini. Militerkah? Belum tentu, karena ketika saya jawab iya mungkin hanya beberapa kegiatan yang memang terpola oleh para pemangku jabatan dan dosen yang berasal dari anggota miiter dan pada akhirnya mereka akan berargumen sebagai penegakan kedisiplinan adalah budaya yang baik. Ketika saya bilang tidak berbau militer, mungkin akan banyak dari teman-teman saya yang menolak stetment ini karena kita setiap pagi harus apel, mengikuti diksar di dodiklatput selama seminggu, tergambar jelas senioritas bagi anggota miiter terhadap atasannya. Universitas adalah forum akademik, sehingga kalian tidak akan pernah melihat mahasiswa ditendang, digampar ataupun ditindak secara fisik namun beberapa yang pernah saya rasakan mungkin tindakan fisik tidak nampak, namun secara psikis kita harus mengikuti pola militer yang telah melekat kepada para anggota militer disana.

Yang terakhir, Apakah saya bisa mengembangkan keilmuan yang mendalam di UNHAN?
          Saya secara peribadi menjawab, sangat kurang!. Apabila pola pembelajaran yang berpacu dengan tuntutan untuk lekas selesai dalam waktu 18 bulan, saya rasa hal ini kurang bijaksana. 18 bulan memang hal yang mungkin untuk menyelesaikan studi sesegera mungkin. Namun, perlu kalian ketahui bahwa UNHAN memiliki budaya 18 bulan untuk 4 semester, artinya 4 bulan tiap semesternya tanpa jeda libur semester dan kalian harus standy di kampus dari pagi hingga sore. Kapan kalian mengembangkan kapasitas diri dan keilmuannya kapan? Malam hari? Atau weekend? Lalu waktu menyelesaikan tugas-tugas? Hal ini mungkin relatif dan kembali kepada individunya masing-masing bagaimana memenejemen waktunya dengan pola yang demikian.


         Sekian informasi yang kurang terarah ini saya tuliskan, silakan memberikan komentar agar tulisan ini menjadi lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi ladang amal bagi saya. Amin.
Terima kasih