TIPS SELEKSI TES PSIKOLOGI BEASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS PERTAHANAN


           Di tahap tes Psikologi ada beberapa cerita yang mengejutkan karena pada dasarnya kita mengalami tahap yang berbeda. Tes Psikologi ini mencakup tes koran, tes logika penalaran, tes menggambar, tes ideologi 1 (isu peradaban), tes ideologi 2 (isu SARA) dan membuat proposal tesis. Semua tahapan tes ini dilakukan 5 jam non-stop dan dilakukan secara drill ala-ala militer. Jadi saran saya sarapan yang cukup, istirahat dan  simpanlah tenaga kalian untuk menghadapi tes ke esokan harinya. Sebelum tes dilaksanakan kita diminta mengisi form data (hampir sama seperti isian CV yang kalianlampirkan) dan menuliskan seberapa besar motivasi dan keyakinan anda untuk lolos beasiswa ini, saran saya siapkanlah bolpoin yang banyak untuk persiapan drill menulis dan tuliskanlah keyakinan anda sebesar 100%. Seingat saya ketika wawancara teman saya (Mas Hilmi El Hafidz) ketahuan bahwa minat untuk kuliah disini rendah, ini mungkin menjadi salah satu parameter juga dari segi minat kita untuk kuliah di UNHAN. Langsung saja saya ceritakan tahapan tes yang dilalui, silakan disimak :

         Tes pertama adalah tes koran,  tes ini meminta kita untuk berhitung ekstra cepat, konsisten dan zero mistake. Silakan  mengunduh beberapa contoh tes koran yang dapat kalian jadikan latihan. Pengalaman saya, saya kesulitan dalam menghadapi antara 7+ 4, 7+5, 8+7, 8+3 intinya angka 8 dan 7 yang dihadapkan pada angka terdekat dan ini sangat menyita waktu meskipun itu hanya sekilas. Ukuran kertasnya kira-kira seukuran koran (yaelah kan emang tes koran) haha kira-kira  4 x kertas A3 bolak balik dengan font sekitar 16. Stay cool aja, kalian akan aman ketika hampir mendekati selesai kurang 15-20 baris. Karena para meter untuk seleksi perwira 1 lembar atau 2 halaman ini adalah hal yang lumprah dan biasa. Jadi dipersiapkan saja untuk menghitung dengan cepat dan tepat!!


         Kedua adalah tes logika penalaran, dalam tes logika penalaran kita dihadapkan pada suatu gambar berupa garis, simbol dengan aturan perputaran khusus kemudian kita diminta untuk melanjutkan gambar tersebut. Semua tes dilakukan dengan sistem drill termasuk tes logika penalaran ini. Kalian diminta untuk menentukan kelanjutan gambar sesuai pilihan yang disediakan. Silakan  mengunduh beberapa contoh tes koran yang dapat kalian jadikan latihan untuk pembiasaan diri agar tidak kaget dan bingung dalam mengerjakannya. Tes yang saya hadapi kebetulan beberapa ada yang sama persis dengan apa yang saya pelajari, jadi hal ini sangatlah perlu untuk mengefisiensi waktu.

         Ketiga adalah Tes ideologi 1, tes ini  nantinya akan disediakan pilihan setuju dan tidak setuju dari beberapa statement yang diberikan. Statement yang diberikan seingat saya berkaitan antara peradaban cina yang dihadapkan pada kasus nasionalisme pribumi. Hal ini sangat triky sekali karena kita dilema antara pro dan kontra dengan kehidupan pribumi sedangkan kita harus dihadapkan kepada kebhinekaan. Saya tidak dapat memberikan saran dalam mengisi tes tersebut karena apabila kita terlalu pro dengan pribumi kita dianggap orang yang sulit menerima perbedaan serta apabila kita kontra dengan pribumi tentu akan menjadi masalah juga. Apabila kita labil atau abu-abu, kita juga dianggap orang yang tidak memiliki pendirian. Pokoknya Triky banget cuiy...

         Keempat, Tes ideologi 2, tes ini hampir mirip dengan tes ideologi 1 namun kita dihadapkan pada suatu statement dengan pilihan antara sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Statement ini berisi tentang pernyataan idealisme agama dengan pertimbangan nasionalisme ataupun sebaliknya kasus-kasus nasionalisme yang dihadapkan dengan sudut pandang agama. Menutur saya, hal ini mengukur tingkat potensi radikal yang ada pada diri kita. Hal ini saya sadari ketika proses wawancara, hasil tes ini memetakan antara kita dipihak pro atau kontra dengan agama ataukan kita orang yang memiliki toleransi tinggi terhadap agama. Tes ini sepertinya bukan satu tes yang menekankan orang yang memiliki pendirian yakin atau tidak yakin melainkan gambaran seperti apa diri kita ketika dihadapkan pada isu-isu perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan).

         Kelima, Tes psikologi berikutnya adalah menggambar tubuh manusia tujuannya adalah sebagai cerminan atas kepribadian yang anda miliki. Saat itu kami diminta menggambar 2 kali, 1 kertas untuk menggambar tubuh manusia laki-laki dan 1 kertas berikutnya diminta untuk menggambar tubuh manusia perempuan. Saya belajar untuk menggambar beberapa contoh seperti gambar berikut
Gambar Guru Sedang mengajar
Gambar Kontraktor sedang memantau


         Keneam atau tes yang terakhir adalah menuliskan proposal tesis yang akan kita kerjakan, silakan baca dulu prioritas tema/topik Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan. Saran saya, carilah tema yang selaras dengan esai/papper yang kalian angkat, karena sudah pasti berkaitan dengan program studi yang kalian pilih. Tujuannya agar memudahkan pola berpikir atau mappig penelitian yang akan kalian kerjakan. Proposal penelitian tesis ini tidak harus kalian kerjakan. Meskipun ini hanya tentatif atau hanya proposal on the spot namun dari proposal ini akan memperlancar alur tes wawancara yang akan kalian hadapi karena hampir pasti ditanyakan mengenai apa yang kalian tuliskan dalam papper yang nantinya berujung pada apa yang akan kalian kerjakan ketika diterima di UNHAN.

         Sekian informasi yang kurang terarah ini saya tuliskan, silakan memberikan komentar agar tulisan ini menjadi lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi ladang amal bagi saya. Amin.
Terima kasih