RAGAM DESAIN PANSER ANOA 6X6


Panser 6X6
Panser 6x6 PT Pindad merupakan kendaraan angkut personil lapis baja (APC). APC (Armoured Personnel Carrier) adalah kendaraan tempur lapis baja yang fungsi utamanya adalah untuk mengangkut infanteri ke medan perang. Panser 6X6 PT Pindad dirancang, direkayasa dan dikembangkan sendiri oleh PT Pindad dan juga menyediakan fasilitas perawatan kendaraan. 
Desain Awal Panser Anoa 6X6
Sejarah perkembangan Panser ANOA ini terjadi pada tahun 2003 ketika TNI mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk menyediakan APC untuk transportasi infanteri di Provinsi Aceh. PT PINDAD merespon kebutuhan tersebut dan segera mengembangkan APR-1V atau Angkut Personil Ringan. APR-1V merupakan kendaraan 4x4 lapis baja dan memiliki chassis truk Isuzu. Tahun 2004 APR-1V telah dikirim ke Aceh untuk digunakan TNI.
Perkembangan atau Perubahan Panser 6X6
Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT) dibantu PT PINDAD lalu bekerjasama dalam mengembangkan lebih lanjut kendaraan ini pada tahun 2005. Ketika itu mengembangkan APS-1 (Angkut Personil Sedang). Panser APS-1 6x6 dibuat berdasarkan platform truk Perkasa, produk dalam negeri komersial PT Texmaco, adalah varian berikutnya yang dikembangkan. Tapi APS-1 tidak dipilih diproduksi secara massal.
Ketika TNI kembali meminta PT.PINDAD untuk mengembangkan generasi berikutnya dari kendaraan jenis panser, APS-2 segera dibuat.
Lalu muncul Panser APS-3 yang kita kenal sebagai Panser ANOA, pertama kali dipamerkan di parade TNI pada tanggal 5 Oktober 2008. Prototipe kendaraan ini diresmikan pada Oktober 2006. Dan secara resmi juga di pamerkan di Indo Defence dan Aerospace 2008.
Deskripsi dan Desain Panser 6x6 ANOA
Seri Kendaraan Tempur Anoa 6x6 telah ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk memastikan performa yang unggul. Di tahun 2011, Anoa membuat peningkatan di bagian asesoris luar dan desain interior. Anoa menggunakan suspensi modular independent dengan torsion bar dan dilengkapi dengan plat lapis baja yang mampu menahan amunisi kaliber 7,62 mm atau lebih dengan menambahkan perlindungan ceramic lapis baja. Kendaraan ini dilengkapi dengan turret modular yang dapat dipasang senjata mesin kaliber 12,7 mm atau 7,62 mm.
 


(Spesifikasi Dasar Panser 6X6)
Jenis-Jenis Anoa 6X6
Untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan user dari tahun ke tahun PT Pindad mencoba menyempurnakan dan  mengembangkan berbagai macam jenis/varian Anoa 6X6, diataranya :
  1. Anoa 6X6 APC UN (Armoured Personnel Carrier) (2011)
Anoa 6x6 APC UN merupakan kendaraan untuk mengangkut personil ke medan pertempuran.  Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6. Untuk perlindungan dapat ditambah ceramic armor dan Pelontar granat asap 66mm juga dipasang di kiri dan kanan bagian depan kendaraan. Sebagai tambahan, kendaraan ini juga dilengkapi dengan Thermal Driver Vision untuk meningkatkan pergerakan dalam operasi di malam hari.

(Panser Anoa 6X6 APC UN)
2.      Anoa 6X6 Komando (Command) (2011)
Anoa 6x6 Tipe Komando merupakan varian yang memenuhi kebutuhan TNI untuk keperluan komando pasukan, khususnya di medan pertempuran dan mampu mengangkut 2 Crew + 3 Personil. Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6. Varian ini juga dilengkapi dengan perlengkapan komando, seperti tabel peta, kursi komando, lampu peta, rak barang, soft board, generator, dan tenda komando.
                                     

(Panser Anoa 6X6 Komando)
3.      Anoa 6X6 Mortar 81mm (Mortar Carrier) (2011)
Anoa 6x6 Tipe Mortar dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6 Varian ini mampu mengangkut 2 Crew + 4 Personil. Anoa 6x6 Tipe Mortar menambah daya serang pasukan Angkatan Darat dengan memiliki 81 mm mortar base and barrel yang dapat berputar dan sudut elevasi yang dapat diatur secara manual sesuai dengan target penembakan. Selain itu, pelontar granat asap kaliber 66 mm pun turut dilengkapi di bagian kiri depan dan sisi kanan depan kendaraan.

(Panser Anoa 6X6 Mortar)
4.      Anoa 6X6 Recovery (2012)
Tipe varian Recovery didesain dengan fungsi khusus untuk membantu kendaraan tempur lain yang terhambat di dalam medan perang. Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6, dan beberapa peralatan pemulihan yang dipasang di dalamnya. Salah satu peralatan tersebut adalah crane yang dikendalikan oleh sistem hidrolik dengan kekuatan maksimum hingga 6 ton dan sudut +/- 45o pada jangkauan terpendek. Perlengkapan ini juga dilengkapi dengan hydraulic winch berkapasitas 15 ton. Varian Recovery mampu mengangkut 2 Crew + 3 Personil.

(Panser Anoa 6X6 Recovery)
5.      Anoa 6X6 Ambulan (Ambulance) (2012)
Keadaan darurat merupakan keadaan yang tidak dapat dihindari di area operasi. Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6. Anoa 6x6 Tipe Ambulance secara khusus didesain untuk mengatasi keadaan darurat atau situasi tidak terduga dan dilengkapi dengan ruangan yang luas untuk melaksanakan operasi kecil atau tindakan lain. Dan kendaraan varian ambulan dilengkapi dengan tiga tandu pasien dan peralatan medis lapangan dan dapat mengangkut 2 Crew + 4 Personil
(Panser Anoa 6X6 Ambulan)
6.      Anoa 6X6 Logistik (Logistic) (2012)
Anoa 6x6 Tipe Logistik secara khusus dibuat dengan satu fungsi khusus untuk mendukung keperluan logistik para tentara di area operasi. Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6.  Untuk mendukung kegiatan operasi di lapangan, varian ini mampu membawa perlengkapan logistik seperti bahan bakar, Munisi dan perlengkapan lainnya. Mampu mengangkut 2 Crew + 4 Personil
(Panser Anoa 6X6 Logistic)
7.      Anoa 6X6 Amphibi (Amphibious) (Masih dalam tahap penyempurnaan, 2014)
Anoa 6x6 Tipe Amfibius merupakan inovasi terbaru PT Pindad. Kendaraan ini menunjukan manuver yang mengagumkan baik di darat maupun di perairan. Dilengkapi dengan spesifikasi dasar Kendaraan Tempur Anoa 6x6. Sebagai kendaraan amphibius, varian ini dilengkapi dengan water propeller, marine snorkels untuk saluran masuk udara dan saluran buang asap. Tidak hanya itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan peralatan untuk menghalangi air masuk ke dalam, sistem swimming drive, dan sistem hidrolik untuk propulsi air. Mampu mengangkut 2 Crew + 3 Personil
(Panser Anoa 6X6 Amphibi)
8.      Panser Badak 6X6 Canon 90mm AFSV (Armoured Fire Support Vehicle)
Badak 6x6 Cannon 90 mm merupakan kendaraan pengembangan terbaru PT Pindad (Persero) dengan spesifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan Tentara Nasional Indonesia. Dilengkapi dengan double wishbone independent suspension dengan coil spring, Badak 6x6 Cannon 90 mm didesain secara cermat untuk operasi penyerbuan dan kendaraan ini juga dilengkapi dengan turret 90 mm yang ringan dan berkapasitas dua orang serta coaxial machine gun dengan kaliber 7,62 mm untuk sistem penyerangan maksimum.
(Panser Badak 6X6 Canon 90mm)



Perkiraan Pelanggan Terhadap Produk Baru Anoa 6X6
·         Pada saat ini TNI mmebutuhkan kendaraan lapis baja amphibi untuk kebutuhan angkut personil maupun untuk kebutuhan operasi
·         Dengan adanya varian panser 6X6 Amphibi maka TNI memiliki banyak pilihan dalam gelar armada amphibi tanpa harus selalu mengandalkan kendaraan lapis baja BMP-3F maupun PT-76
·         Kebutuhan satuan kavaleri untuk kendaraan tempur kanon 90mm pendukung operasi
·         Kendaraan kanon pendukung akan ber0perasi dengan MBT (main battle tank) atau medium tank.